Pasar Malam Di Alun-alun Kota Purworejo

Sepertinya liburan kami kali ini benar – benar di sambut oleh Kota Purworejo. Gimana tidak, dari nyekar di pagi hari, diteruskan ke Kebon Teh Nglinggo dan Goa Kiskendo, malam harinya kami bisa datang ke pasar malam yang terletak di alun-alun Kota Puworejo.

20170422_191742.jpg

Produk-produk yang dijual intinya sama seperti pasar malam di tempat lain, bedanya pasti bisa kumpul sengan “sedulur”.

Pasar malam di sini sepertinya heboh.. Enggak pernah ngebosenin, selalu diburu masyarakat sekitar, dan juga pencinta kuliner dong!

20170422_192940.jpgSelain menjual barang pabrikan atau racikan sendiri, pasar malam ini juga menyuguhkan UKM binaan pemerintah setempat.

20170422_191915.jpg

Saat itu habis hujan, tanah cukup becek dan tergenang air tapi g mengurangi pengunjung. Kami pun menikmati wedang ronde di lesehan di depan pelataran pasar malam. Nggak ketinggalan saya incipi crepes made in java yang segede gaban.

20170422_194652

Wisata kuliner kami nggak berhenti sampai di crepes, kami melanjutkan kulineran mencari Sate Winong yang terkenal. Namun sayang, warung – warung yang menjual Sate Winong hanya buka hingga sekitar pukul 15.00.  Kami pun langsung pulang.  Pupusss..

 

Goa Kiskendo Kulonprogo Yang Kramat

Hiii… Perjalanan saya ke Jawa Tengah tidak selesai hanya di Kebun Teh Nglinggo lohh.. Masih ada objek wisata lain yang perlu ditulis nih…

Yuks simak..

Pernah denger Goa Kiskendo Kulonprogo?

kiskendo.jpg

Goa Kiskendo adalah goa alam di kawasan pegunungan Menoreh. Letak goa tersebut di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Jaraknya sekitar 38 KM dari Kota Yogyakarta atau sekitar 21 KM dari Kota Wates. Untuk menuju ke tempat wisata ini, kendaraan harus disiapkan dengan baik y.. perlu kendaraan yang tanah aspal dengan kontur jalan naik turun dan tikungan yang cukup tajam.

Mitos Goa Kiskendo

20170422_143837.jpgMitos yang berkembang di masyarakat, goa tersebut berkisah mengenai legenda pertempuran Maesosuro – Lembusuro melawan Sugriwo – Subali yang diceritakan pada relief di dinding dekat mulut goa.

Memasuki Goa Kiskendo

20170422_142558.jpgSepertinya objek wisata ini perlu dipublikasikan lebih..memasuki pelataran parkir.. hanya ada beberapa sepeda motor, di area taman juga terlihat hanya beberapa orang pengunjung. Tiket masuk ke Goa Kiskendo sebesar Rp 5.000 per orang.

Menuju mulut goa..kita harus menjelajah taman dengan menuruni anak tangga. Lumayan.. pemanasan untuk menyusuri goa nanti.

20170422_141323Di gerbang mulut goa ada guide pengunjung dan beberapa peralatan keamananan untuk memasuki goa. Jika kalian ingin menyusuri goa secara berkelompok tanpa didampingi guide gpp kok. Yang penting bawa alat penerang yang cukup. Jangan lupa membaca larangan dan saran untuk pengunjung di papan.

Dari gerbang mulut goa juga terdapat sekitar 20-an anak tangga yang cukup tinggi tiap pijakannya dan basah. Hati-hati ya..
Goa Kiskendo terbentuk selama ratusan tahun dari resapan air yang turun dan menetes. Sehingga terbentuklah batu Stalakmit dan Stalaktit di dalam goa. Sangat menakjubkan..

Apa itu Stalakmit dan Stalaktit?

20170422_141913.jpgStalakmit dan Stalaktit adalah bentuk alam khas daerah karst. Bebatuan tesebut terbentuk akibat proses pelarutan air di daerah kapur yang berlangsung secara terus menerus. Air yang larut di daerah karst akan masuk ke lubang-lubang (doline) yang kemudian turun ke gua dan menetes dari atap goa ke dasar goa. Nah… tetesan air tersebut yang lama – lama berubah menjadi bebatuan dengan bentuk runcing ke bawah.

Stalakmit adalah bebatuan yang berada di dasar gua dengan bentuk meruncing ke atas. Sedangkan, Stalaktit adalah bebatuan yang berada di atas goa dengan bentuk meruncing ke bawah.

20170422_142520.jpgYang suka berpetualang.. jalur susur goa mencapai 1,5 KM. Sepanjang jalur tersebut ada beberapa tempat pertapaan antara lain Pertapaan Tledek, Pertapaan Kusuman, Pertapaan Santri Tani, Pertapaan Semelong, Pertapaan Lumbung Kampek, Pertapaan Seterbang dan Pertapaan Sekandang. Jika tidak kuat jangan dipaksakan menyusuri semua titik pertapaan tersebut.

Bagi pengunjung yang tidak ingin menyusuri goa, atau bagi yang hanya ingin masuk sebentar untuk foto-foto bisa duduk-duduk, foto-foto dan istirahat menikmati kawasan wisata tersebut.

Disarankan membawa makanan dan minuman, karena hanya ada beberapa kios di sana.

okeh….sekian cerita perjalanan saya berwisata di Goa Kiskendo Kulonprogo..

Kebun Teh Nglinggo Di Kawasan Wisata Kulon Progo

22 April 2017 – Mengisi liburan panjang, saya dan keluarga merencanakan liburan ke Purworejo dan Kulon Progo. Kebun Teh Nglinggo berada di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Sekitar pukul 09.00 usai nyekar di Grantung, Purworejo kami berangkat ke tempat wisata alam Kebun Teh Nglinggo. Waktu tempuh dengan mobil dari Purworejo ke kebun teh sekitar 1,5 jam.
20170422_133443.jpgMenuju ke sana, kami disambut dengan jajaran pepohonan khususnya pohon pinus yang berbaris di tepian jalan. Jalan berkelok-kelok dan naik turun menyerupai puncak. Ingat, sempatkan melakukan pengecekan kendaraan yang akan digunakan untuk berwisata ya. Karena kawasan wisata tersebut memiliki trek jalan berkelok-kelok, tanjakan dan tikungan tajam.
 20170422_115743
Menuju Kebun Teh Nglinggo, kami menyempatkan untuk singgah di beberapa tempat untuk berfoto dan membeli makanan kecil.
20170422_115940.jpg
Tiket masuk ke Kebun Teh Nglinggo sebesar Rp 5.000 per orang yang terdiri dari dua tiket masuk. Sedangkan untuk biaya parkir Rp 5.000 per mobil.
20170422_121452.jpg
Alhamdulillah…bisa jalan-jalan ke Purworejo bersama mama dan keluarga. Ibu mertua yang berusia 73 tahun tetap semangat menyusuri kebun teh. Momen yang langka bisa wisata bersama.
367db-img_20170422_114704_hdra

tebing di suatu tempat

Di lokasi yang sama, juga terdapat beberapa objek wisata seperti Hutan Pinus dan Bukit ngISIS. Unik ya namanya. Ingat loh.. ini Bukit ngISIS, pake “n” dan “g”. Pengelola sengaja mengecilkan dua huruf tersebut agar eyechatching. Untuk masuk dan berfoto di sini, ada tambahan tiket masuk Rp 3.000 per orang. Di Bukit ngISIS kita bisa berfoto di banyak tempat antara lain lokasi foto menyerupai The Lodge Maribaya, lokasi off road dan camping serta hutan pinus.
Apa saja yang ada di Bukit ngISIS? cek di cerita perjalanan saya berikutnya y…
 20170422_125700a.jpg
Sesuai namanya, kawasan Kebun Teh Nglinggo masuk dalam Desa Wisata Nglinggo yang terletak dipuncak perbukitan menoreh Kulon Progo. Pengunjung yang datang dapat memetik daun teh sambil menikmati keindahan alam perbukitan serta melihat petani teh memetih daun atau pucuk teh saat musim panen.
 20170422_114140.jpg
Kebun Teh Nglinggo adalah tempat wisata yang masih baru di Kulon Progo, sehingga kedai-kedai di sana belum memiliki menu beragam. Beberapa menu yang ada seperti Dawet Ireng, Somai, Mie Instan dan Teh Nglinggo serta cemilan lain. Usai mendaki gunung lewati lembah…eh menyusuri sebagian kebun teh, kami mampir ke warung untuk beristirahat sejenak. Alhamdulillah.. bisa cobain Dawet Ireng/Hitam yang menjadi minuman khas Purworejo dan icip icip cemilan warung sekitar.
20170422_123243.jpg

Dawet Ireng

20170422_131857.jpg

Kedai mas Qatro

20170422_125739.jpg
Nah…kawasan wisata Kebun Teh Nglinggo wajib dikunjungi bagi kalian yang ingin menikmati wisata alam yang masih baru. Dukung terus wisata baru di Indonesia ya..  (ind)