Parenting

Bayi ASI dan ASIP tidak pup selama seminggu, normal kah?

Bayi saya usia 4 bulan. Saat ini masi full ASI. Tapi tidak pup selama seminggu.  Apakah hal ini normal? Atau mungkinkah bayi mengalami sembelit?

Hal tersebut juga bayi saya alami. Baru sekarang bayi saya tidak pup selama lima hari. Athiyya Alhamdulillah masi full ASI jika saya di rumah dan ASIP jika saya kerja. Dari jam 7 pagi sampai jam 7 malam, Athiyya bisa minum ASIP 5-6 kantong ASIP ukuran 120 ml. Saat saya di rumah, Athiyya cenderung direct breastfreeding (dbf) dan minum ASIP jika saat tertidur.

Sudah jelang usia lima bulan, Athiyya sudah mulai ngoceh, merespon gerakan dan mengenali orang terdekat atau yang sering bersama dia. Dia juga sering mengerakkan tangan dan kakinya. Aktifff

Nah, kalo minum ASIP hampir 7-8 kantong per hari dan dbf, lalu ke mana keluarnya kalo dia g pup?

Moms, ASI adalah air. Salah satu tanda bayi mendapatkan cukup ASI adalah dengan melihat jumlah buang air besar dan kecil. Jika pola bayi buang air kecil minimal 6 kali dalam sehari dan buang air besar minimal 4 kali itu tandanya bayi cukup ASI.

Namun ada beberapa kasus di mana bayi berusia beberapa bulan dan masi ASI eksklusif hanya pup sekali dalam seminggu. Kemudian saya menanyakan ke DSA anak saya. Dikatakannya, hal tersebut normal. Seiring bertambahnya usia, fungsi organ usus bayi akan bekerja lebih optimal dalam menyerap makanan, termasuk ASI. Itulah penyebab frekuensi pup pada setiap bayi berbeda-beda, tergantung usianya.

Kemungkinan besar penyebab bayi ASI eksklusif jarang buang air besar dan hanya pup sekali dalam seminggu adalah karena ususnya menyerap ASI dengan sempurna, sehingga tidak ada ampas dalam bentuk kotoran atau feses yang perlu dibuang.

Beberapa pengalaman moms-moms di WAG parenting yang saya ikuti juga pernah punya pengalaman yang sama. Ada yang bilang batas maksimal bayi Asi ekslusif adalah 14 hari. Ada yang bilang kalo seminggu tidak pup, cek pipisnya minimal enam hari. Ada juga yang membagikan pengalaman bayinya kalo sudah empat hari tidak pup maka mulai dipijat ILU dan bayi diajak ngomong supaya pup. hehehe.. lucu y Moms.

Begitu juga Athiyya, sudah empat hari tidak pup saya pijat ILU 8 kali setiap waktu pijat. Saya ajak ngobrol Athiyya dan ajak ngobrol agar pup sambil bercanda. Alhamdulillah dihari kelima Atiyya pup dan keesokan harinya pup cukup banyak (banyak, bukan sering).

Jadi Moms, tidak perlu panik dulu y kalo bayi tidak  pup selama beberapa hari. Coba dipijat ILU dan ajak bayi bicara (walo dia g bisa jawab hehehe)

Semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s